Teaching Aids dengan Geogebra (1) : Alat Peraga Pembuktian Jumlah Sudut dalam Segitiga

Pertama kali mendengar kata “Teaching Aids” saya agak bingung sampai dahi berkerut , dan dalam hati saya bergumam  “kok  penyakit diajarkan?”🙂. Kemudian dengan rasa penasaran saya search dengan Google, bertemulah dengan situs www.sil.org  yang memberikan definisi “Teaching Aids“.


Berdasarkan definisi di atas, saya menggunakan kata “Teaching Aids” sebagai padanan untuk alat bantu mengajar guru di depan kelas. Mengapa saya gunakan  istilah dalam bahasa Inggris? alasannya, supaya lebih singkat menyebutnya – tidak terlalu panjang🙂 .

Selanjutnya, apa itu “Geogebra”?, Geogebra adalah nama perangkat lunak matematika dinamis. Perangkat lunak ini dikembangkan pertama kali oleh Markus Hohenwarter .

Perangkat lunak geogebra bebas untuk dicopy dan digunakan tanpa harus membayar (FOSS). Dengan Geogebra seorang guru matematika tidak perlu lagi menggunakan Flash –  yang harus kita beli dengan harga mahal – untuk membuat simulasi.

Jadi “Teaching Aids dengan Geogebra” adalah alat bantu mengajar guru di depan kelas dengan menggunakan geogebra. Meskipun perangkat lunak ini khas matematika, pada beberapa posting ke depan saya akan memberikan contoh penggunaan geogebra untuk guru mata pelajaran selain matematika.

Pada posting pertama seri “Teaching Aids dengan Geogebra”, saya akan membahas tentang teknik membuat peragaan pembuktian jumlah sudut dalam segitiga dengan perangkat lunak geogebra. Sebelumnya, anda sebaiknya mendownload perangkat lunak geogebra di http://www.geogebra.org/cms/en/download , ada dua pilihan, versi instal dan portable.

Pada tutorial ini saya menjelaskan, bagaimana membuktikan secara visual bahwa jumlah sudut dalam segitiga sama dengan 180 derajat. Langkah-langkahnya : pertama, buat segitiga ACD, kemudian tentukan titik-titik tengah sisi AC dan sisi AD, dimana kedua titik tersebut akan menjadi titik pusat rotasi segitiga ACD. Langkah berikutnya, lakukan rotasi pertama untuk segitiga ACD dengan titik pusat titik tengah AD dan berlawanan arah jarum jam, kemudian lakukan rotasi kedua untuk segitiga ACD dengan titik pusat titik tengah AC dan searah jarum jam.

Untuk mempelajari pembuatan peragaan jumlah sudut dalam segitiga, silakan mengikuti tutorial berikut ini,

Link download untuk file geogebra (ggb) : http://www.filesonic.com/file/4165668785/jumlah180.ggb

Author: Abdul Karim

Integrasi Matematika dan Teknologi merupakan fokus perhatian saya, dalam memberikan kontribusi kepada pendidikan matematika di Indonesi

3 thoughts on “Teaching Aids dengan Geogebra (1) : Alat Peraga Pembuktian Jumlah Sudut dalam Segitiga”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s