Lembar Kerja Siswa Interaktif berbasis MS Word dalam Pembelajaran Matematika

Siapa yang tak kenal Microsoft Word?, dalam mendukung aktivitas kerja di perkantoran, kegiatan pembelajaran di sekolah atau bahkan perkuliahan di perguruan tinggi MS Word merupakan perangkat lunak yang sangat populer. Hampir di pastikan perangkat lunak ini ada dalam setiap komputer yang ber-operating system (OS) Windows. Tapi sejauh manakah perangkat lunak ini dapat membantu anda (guru) dalam kegiatan belajar mengajar di kelas? Adalah suatu hal yang biasa jika seorang guru di sekolah menggunakan MS Word untuk keperluan pengganti mesin ketik , alat yang dominan digunakan di sekolah untuk membuat dokumen seperti mengetik modul pembelajaran, lembar kerja siswa, ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester, di era sebelum Personal Computer atau notebook yang menjadi “tentengan” guru kemana-mana . Akan tetapi apakah kegunaan perangkat lunak MS Word hanya sekedar pengganti mesin ketik?.

Salah satu kegiatan rutin para guru (kreatif) di sekolah adalah membuat lembar kerja siswa sebagai media untuk mendukung pembelajaran di kelasnya, mengapa disebut guru kreatif karena ada pilihan lain yaitu membeli LKS yang sudah jadi, yang biasanya ditawarkan oleh penerbit ke sekolah-sekolah. Biasanya guru membuat LKS dengan mengetik menggunakan perangkat lunak MS Word, pekerjaan ini cukup menyita waktu, sehingga hal ini nyaris sangat jarang dilakukan oleh para guru, terlebih lagi guru mata pelajaran matematika yang pada umumnya waktunya habis (hampir setiap hari) digunakan untuk memberi pelajaran tambahan (les privat) kepada siswa-siswanya. Setelah LKS jadi tentunya pekerjaan belum selesai sampai di sini, karena guru pun harus memeriksa pekerjaan yang dilakukan oleh siswa-siswanya. Wah, beratnya juga ya jadi guru?. Pertanyaan yang ingin penulis ajukan adalah apakah kita bisa menggunakan teknologi (khususnya) MS Word untuk memudahkan atau meng-automatisasi pekerjaan-pekerjaan kita sebagai guru?

Pada artikel ini, penulis ingin berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sesama guru dalam menggunakan perangkat lunak MS Word secara “cerdas dan kreatif” dan jawaban dari pertanyaan di akhir paragraf di atas adalah “Ya kita bisa!”. Kita dapat menggunakan MS Word untuk pekerjaan yang lebih dari sekedar “ketik-mengetik”, sebagai contoh adalah lembar kerja siswa interaktif matematika. Mengapa dinamakan lembar kerja siswa interaktif? Karena didalamnya tidak hanya terdiri dari teks dan gambar pasif saja, tetapi terdapat simulasi dan evaluasi yang bisa memberikan umpan balik kepada siswa sehingga guru tidak perlu lagi memeriksa pekerjaan siswa, tetapi cukup melihat nilai akhir yang diberikan oleh lembar kerja siswa interaktif ini. Dengan kata lain, kita menggunakan MS Word untuk membuat media pembelajaran mandiri, dimana siswa dapat belajar secara mandiri dengan LKS sebagai sparring partner dalam berlatih, karena dapat memberikan umpan balik dan melihat hasil evaluasinya secara langsung di akhir pekerjaan, tanpa memerlukan waktu yang lama untuk menunggu guru menyelesaikan tugas memeriksa. Penulis pikir, inilah salah satu kelebihan atau keunggulan teknologi dalam mendukung kegiatan pembelajaran di kelas, asalkan kita bisa memanfaatkannya secara cerdas dan kreatif.

Pada kesempatan ini penulis hanya sekedar menyampaikan ide (untuk sementara menghindari penyajian tulisan yang bersifat teknis dan rumit) dan berbagi wawasan kepada rekan-rekan guru bahwa MS Word dapat digunakan sebagai media interaktif yang bisa memberikan umpan balik terhadap penggunanya. Adapun materi pelajaran yang penulis gunakan dalam lembar kerja siswa interaktif adalah materi pengayaan matematika kelas 12 IPA yaitu penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan metode detemninan (cramer’s rule). Untuk membuat lembar kerja siswa interaktif ini, penulis menggunakan Visual Basic for Application (VBA) yang ada pada beberapa aplikasi MS Office seperti Word, Excel, Powerpoint dan Access. Dengan VBA kita dapat menggunakan MS Word sesuai dengan kehendak atau keinginan kita, misalnya kita dapat membuat MS Word menghitung determinan matriks (cramer’s rule) untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel, memberikan umpan balik untuk latihan dan memeriksa test evaluasi dalam bentuk pilihan ganda. Untuk menampilkan jendela visual basic editor tekan tombol Alt + F11 atau tampilkan tab Developer kemudian klik Visual Basic pada kelompok toolbar Code.

gambar 1 : microsoft visual basic editor

Salah satu fitur pada lembar kerja interaktif matematika yang penulis buat adalah latihan untuk menghitung atau menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel dengan metode determinan (cramer’s rule). Pada fitur ini terdapat sepuluh soal random (acak), jika pengguna menekan tombol “soal baru” maka akan ditampilkan soal yang berbeda, kemudian setelah mengisi nilai x, y dan z dengan menekan tombol “periksa” pengguna akan mendapat respon benar atau salah terhadap jawaban yang diberikan. Dengan fitur ini pengguna (siswa) dapat berlatih berulang-ulang sampai bisa, tanpa merepotkan orang lain (guru) untuk memeriksa hasil pekerjaannya.

gambar 2 : fitur latihan penyelesaian SPL3DV dengan metode determinan

Fitur yang kedua adalah kalkulator untuk menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel, fitur ini berguna untuk menghindarkan siswa dari ‘kebosanan’ untuk melakukan perhitungan rutin, pada materi ini siswa diharapkan dapat membuat model matematika dari suatu permasalahan dan memahami prosedur menggunakan metode determinan tanpa harus melakukan perhitungan berulang kali. Pada fitur ini siswa memasukkan matrik lengkap dari koefisien-koefisien sistem persamaan linear tiga variabel pada kotak yang tersedia, kemudian tekan ‘tombol hitung’ untuk mendapatkan jawaban. Untuk mengosongkan kembali klik tombol ‘reset’.

gambar 3 : fitur kalkulator SPL3DV dengan metode determinan

Dan fitur yang terakhir dari lembar kerja interaktif ini adalah soal evaluasi dengan bentuk pilihan ganda. Setelah mengerjakan semua soal dengan memilih (mengklik tombol) salah satu jawaban yang benar siswa akan mendapatkan umpan balik berupa soal mana yang benar atau salah dan nilai akhir.

Demikian uraian singkat tentang pengalaman saya sebagai seorang guru matematika mengenai pemanfaatan teknologi (MS Word) secara cerdas dan kreatif dalam pembelajaran matematika, semoga dapat memicu kreativitas-kreativitas lain dalam penggunaan perangkat lunak yang telah umum digunakan banyak orang. Semoga bermanfaat!

Video :

 

Author: Abdul Karim

Integrasi Matematika dan Teknologi merupakan fokus perhatian saya, dalam memberikan kontribusi kepada pendidikan matematika di Indonesi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s