Tutorial Membuat Quiz Pilihan Ganda dengan Excel VBA : Lho bu … pakai excel kok pegang kalkulator?

Penulis ingin mengawali artikel ini dengan sedikit cerita yang menggelikan. Kejadiannya mungkin sekitar dua tahun yang lalu di ruang guru sebuah sekolah pada saat akhir tahun pelajaran seperti ini. Ketika penulis masuk ke ruang guru, ada seorang ibu guru yang sedang serius duduk di hadapan komputer. Karena tertarik dengan keseriusan dan ketekunan guru tersebut ( sementara guru lain asyik mengobrol entah topik apa yang dibahas) , maka penulis menghampiri guru tersebut, “sedang apa bu?”, tanya penulis dengan sedikit rasa penasaran. “Sedang mengolah data nilai raport, murid kelas 9 pak!”, jawab ibu guru tersebut. “Pakai aplikasi apa bu?”, tanya penulis kembali. “Pakai microsoft excel” jawabnya. Sekilas penulis melihat ibu guru tersebut menggunakan kalkulator untuk menghitung data-data nilai yang terlihat di layar komputer. Penulis tertegun sejenak, dan bertanya kembali,” tapi bu … kok ibu pakai kalkulator untuk menghitung data angka yang ada pada excel, bukankah excel jauh lebih canggih dari kalkulator scientificnya ibu?”. Ibu guru itu dengan penuh percaya diri menyanggah, “enggak kok pak, lebih enak dan cepat menghitungnya kalau pakai kalkulator!”. Akhirnya dengan sedikit menahan tawa penulis menunjukkan kepada ibu guru tersebut bagaimana mengolah data nilai dengan excel. Setelah memahami apa yang penulis jelaskan, baru ibu guru tersebut berkomentar,”iya ya pak, ternyata dengan excel lebih mudah, he he he!”. Mungkin cerita ini terjadi juga di banyak tempat lain.

Alvin toffler, pernah mengatakan bahwa “tuna aksara” di abad 21 ini bukan hanya mereka yang tidak dapat membaca dan menulis, tapi orang yang tidak bisa (mau) belajar, yang tidak bisa melupakan (kesalahan) pengetahuan hasil belajar masa lalunya, dan orang yang tidak mau belajar kembali. Tentunya kita sebagai guru, harus berjuang lebih keras dan meluangkan lebih banyak waktu lagi untuk belajar agar pengetahuan dan keterampilan kita tidak tertinggal dan kita (guru) tidak termasuk komunitas “tuna aksara abad 21″.

Berkaitan dengan cerita tentang excel di atas, pada artikel ini penulis ingin sedikit berbagi tentang penggunaan excel + vba untuk membuat quiz pilihan ganda.

Untuk membuat quiz pilihan ganda ini, pertama sisipkan obyek textbox dan obyek ActiveX Control – optionbutton seperti pada gambar berikut :

Selanjutnya dengan membuka visual basic editor : tab developer > visual basic (code). Ketikkan script berikut ini :

Gambar 1 : script untuk optionbutton 1 – 2

Gambar 2 : script untuk optionbutton 3 – 5

Keterangan : Untuk setiap optionbutton kita berikan script untuk menampilkan soal dari 1 sampai dengan 5 beserta pilihan jawaban dari A sampai E.

Gambar 3 : script untuk tombol periksa soal no. 1 – 2

Gambar 4 : script untuk tombol periksa soal no.3 – 5 dan script untuk tombol reset.

Video :

 

Author: Abdul Karim

Integrasi Matematika dan Teknologi merupakan fokus perhatian saya, dalam memberikan kontribusi kepada pendidikan matematika di Indonesi

3 thoughts on “Tutorial Membuat Quiz Pilihan Ganda dengan Excel VBA : Lho bu … pakai excel kok pegang kalkulator?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s